Home > Planning > Energi dan Ketahanan Energi

Energi dan Ketahanan Energi

1. Energi
Energi adalah tenaga atau gaya untuk berbuat sesuatu. Definisi ini merupakan perumusan yang lebih luas daripada pengertian-pengertian mengenai energi yang pada umumnya dianut di dunia ilmu pengetahuan. Dalam pengertian sehari-hari energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan (Kadir, 2010). Setiap makhluk di muka bumi ini pasti membutuhkan energi dalam menjalankan aktifitasnya.
Sumber energi yang tersedia di alam ini pada dasanya terdiri atas sumber tak terbarukan (non reneweble source) dan sumber terbarukan (reneweble source). Energi tak terbarukan terdiri atas energi fosil, bahan bakar nuklir dalam bentuk uranium-235, dan coal bed methane (CBM), yaitu gas metana yang berada di lapisan batubara jauh dalam tanah. Mineral penghasil tenaga seperti minyak bumi, batubara dan gas alam disebut bahan bakar fosil karena bahan itu dibentuk selama berjuta-juta tahun dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan. Sedangkan energi terbarukan terdiri atas air, panas bumi, biomassa, energi matahari dan angin (Akhadi, 2009)
Sumber energi terbarukan, khususnya biomassa merupakan produk fotosintesis, yakni butir butir hijau daun yang bekerja sebagai sel-sel surya, menyerap energi matahari dan mengkonversi karbondioksida dengan air menjadi suatu senyawa karbon, hidrogen dan oksigen. Senyawa ini dapat dipandang sebagai suatu penyerapan energi yang dapat dikonversi menjadi suatu produk lain. Hasil konversi dari senyawa itu dapat berbentuk arang atau karbon, alkohol kayu, ter dan lain sebagainya. Energi yang disimpan itu dapat pula dimanfaatkan dengan langsung membakar kayu itu, dimana panas yang dihasilkan digunakan untuk memasak atau untuk keperluan lain (Kadir, 2010)
Enligtning Indonesia (2008), menjelaskan bahwa penggunaan energi di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Penggunaan berbagai energi di Indonesia telah mencapai lebih dari 90% energi fosil, yang terdiri dari 54.4% minyak bumi, 26.5% gas, dan 14,1% batubara, dan selebihnya menggunakan energi tarbarukan.

2. Ketahanan Energi
Definisi ketahanan energi berubah dari waktu ke waktu. Pada periode tahun 1970-an dimana terjadi pergolakan minyak bumi, ketahanan energi terkait dengan upaya untuk menghindari risiko kekurangan pasokan minyak yang dihasilkan dari potensi minyak mentah dari timur tengah. Pada abad ini, faktor lain seperti pengaruh stabilitas pasokan bahan bakar dan meningkatnya harga energi telah ditambahkan pada definisi ketahanan energi sebelumnya. Faktor ini termasuk konflik politik, bencana alam yang tak terduga, perhatian pada terorisme, dan energi yang berhubungan dengan tantangan lingkungan.
Lebih lanjut, dalam World Economic Forum (2006), dijelaskan bahwa ketahanan energi adalah kemampuan ekonomi untuk menjamin ketersediaan pasokan sumberdaya energi secara berkelanjutan dan tepat waktu dengan harga energi yang pada tingkat yang tidak akan mempengaruhi kinerja perekonomian. Dengan demikian, ada beberapa faktor yang akan mempengeruhi ketahanan energi, seperti :
1. Ketersediaan cadangan bahan bakar baik di dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor,
2. Kemampuan ekonomi dalam mengeksplorasi pasokan/sumber energi untuk memenuhi permintaan,
3. Tingkat diversifikasi ekonomi sumber daya energi,
4. Aksesibilitas sumberdaya energi, dalam hal ini terkait dengan ketersediaan infrastruktur energi dan transportasi, dan
5. Kestabilan dan keamanan geopolitik sekitar sumberdaya energi.
Berdasarkan definisi di atas, ada 3 elemen dasar ketahanan energi, antara lain :
1. Fisik : ketersediaan dan aksesibilitas pasokan sumber energi,
2. Ekonomi: keterjangkauan sumber daya dan pengembangan infrastruktur energi, dan
3. Lingkungan: pengembangan berkelanjutan dan penggunaan sumber daya energi yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Categories: Planning Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: