Tutorial WordPress Cara Mengelola Kategori

Terkadang kita ingin menambah, mengubah dan menghapus kategori dari artikel-artikel yang kita buat. Ketiga hal tersebut dapat dilakukan di halaman Categories. Halaman Categories dapat diakses melalui: WP-Admin, lalu klik Post dan klik Categories.

#1 Membuat Kategori.

Biasanya kita menambahkan kategori pada artikel yang kita buat. Namun bila kita belum memiliki artikel, kita tetap dapat membuat kategori. Yakni pada bagian Add Category yang terdapat di halaman Categories. Tampilannya seperti ini:

  • Category Name adalah nama dari kategori yang Anda inginkan.
  • Category Slug berfungsi bila Anda mengaktifkan permalinks. Misalnya Anda isi “tutorial-wordpress”. Maka URL dari kategori Tutorial WordPress akan menjadi: http://www.tunardy.com/kategori/tutorial-wordpress/
  • Category Parent gunakan ini bila Anda ingin kategori baru menjadi sub kategori dari sebuah kategori. Tapi bila Anda ingin kategori baru yang Anda buat menjadi kategori utama, pilih None.
  • Description adalah keterangan dari kategori yang telah Anda buat. Tidak wajib diisi. Karena jarang digunakan.

Setelah selesai, klik Add Category.

#2 Mengubah Kategori

Ada dua pilihan untuk mengubah kategori. Yaitu Quick Edit dan Edit. Perbedaan diantara keduanya adalah Quick Edit dilakukan seketika di halaman yang sama dan hanya untuk mengubah Category Name dan Category Slug. sedangkan Edit akan membuka halaman baru dan digunakan untuk mengubah Category Name, Category Slug, Category Parent dan Description.

Caranya arahkan kursor ke kategori yang ingin Anda ubah, lalu klik Quick Edit atau Edit.

#3 Menghapus Kategori

Ada dua cara yang digunakan untuk menghapus kategori. Cara yang pertama digunakan untuk menghapus sebuah kategori.Caranya ialah arahkan kursor ke kategori yang ingin dihapus, lalu klik delete.

Cara yang kedua digunakan untuk menghapus beberapa kategori. Dilakukan dengan memberi tanda pada kotak yang terdapat di samping kategori, lalu pada bagian atas atau bawah halaman klik Bulk Actions, klik Delete, lalu konfirmasi dengan klik Apply.

Sumber : http://www.tunardy.com/tutorial-wordpress-cara-mengelola-kategori/

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on June 2, 2011, in Internet. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: