Ternate, November 2011

Woah, ini perjalanan pertama saya bersama dosen-dosen unhas. Waktu itu, saya masih berstatus mahasiswa S1yang sedang menyelesaikan skripsi. Perjalanan ini dalam rangka seminar Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Provinsi Maluku Utara.

Ternate, sebagai kota yang mempesona di kaki Gunung Gamalama menarik untuk dikunjungi. 

Status Ternate saat ini adalah pemerintah kota sesuai dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kota Madya Daerah Tingkat II Ternate. Ternate bukan ibukota definitif Provinsi Maluku Utara. Ternate hanyalah ibukota sementara saja, sambil menunggu kesiapan sarana dan prasarana dari ibukota resmi, yakni Kota Sofifi yang terletak di pulau Halmahera.

Ternate sudah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Ternate sejak abad ke-13 di Pulau Ternate. Kota yang hari jadinya tanggal 29 Desember 1250 ini merupakan kota kepulauan yang terdiri dari 8 pulau dengan luas wilayah 547,736 km². Hanya lima pulau yang berpenghuni yaitu Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan Pulau Tifure. Tiga pulau lainnya adalah pulau kecil: Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida.

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on December 1, 2011, in Travelling and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: