Studi Tour 3 Negara (Singapore, Malaysia, Thailand)

1891176_636096226438544_1774046959_nAwal 2014, saya bergabung bersama kelas Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah (PPW) Universitas Hasanuddin untuk melaksanakan studi tour ke 3 negara, yakni Malaysia, Singapore dan Thailand. Sebetulnya studi tour ini wajib bagi mahasiswa PPW, akan tetapi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari jurusan lain untuk bergabung, maka mendaftarlah saya sebagai salah satu peserta. Maksudnya hanyalah sebagai liburan. Apalagi saat itu, dosen pendamping mereka adalah pembimbingku juga.

Well, perjalanan dimulai dari Makassar menuju Kuala Lumpur menggunakan maskapai Air Asia. Setibanya kami di Kuala Lumpur pada malam hari, perjalanan dilanjutkan menuju Johor Baru. Pemilihan Johor Baru karena destinasi pertama kami selama 2 hari kedepan yakni Singapore, dan Johor Baru merupakan kota yang paling dekat dengan perbatasan.

Hotel tempat kami menginap di Johor Baru

Kalau mau ke Singapore, kenapa tidak mendarat dan menginap saja di Singapore? Karena biaya penginapan di Singapore lebih mahal berkali lipat dibandingkan Malaysia. Selama dua hari kami melewati imigrasi dari Malaysia menuju Singapore pada pagi hari dan pulang ke Malaysia pada malam hari. Destinasi wisata di Singapore yang kami kunjungi antara lain ….

Hari ketiga dalam perjalanan ini, kami bertolak ke Thailand dari Johor Bahru, Malaysia. Perjalanan yang cukup panjang dengan transit di Kuala Lumpur, mengharuskan kami sampai di Hatyai, kota paling selatan di Thailand pada keesokan pagi, manjelang siang. Kami langsung check in hotel dan beristirahat sejenak. Sore hari, kami mulai berpetualang kembali menyusuri kota dengan angkutan umum “Tuk-Tuk”. Saat itu, kami menyewa dua tuk-tuk dengan harga yang cukup terjangkau.

Malam hari, kami berjalan-jalan menikmati pasar malam yang cukup ramai, salah satu yang menjadi daya tarik Kota Hatyai. Keesokan harinya, kami menyewa bus travel untuk berkeliling kota, hingga tempat-tempat bersejarah. Banyak sekali tujuan dalam list, akan tetapi karena waktu yang tidak memungkinkan, kami hanya mengunjungi beberapa saja. Petang hari, kami harus bersiap kembali ke Kuala Lumpur, Malaysia. Kami kembali ke hotel dan mengambil tas-tas yang sebelumnya dititipkan setelah check-in tadi pagi. Selanjutnya, menuju perwakilan bus yang akan mengantarkan kami kembali ke Kuala Lumpur.

Malaysia, merupakan tujuan terakhir untuk berkeliling dalam perjalanan ini. Walaupun tiba pertama kali di Kuala Lumpur, akan tetapi tujuan pertama dan kedua yakni, Singapore dan Thailand. Kami memilih Malaysia sebagai tempat terakhir untuk disusuri, karena kami juga akan kembali ke tanah air dari sini, Kuala Lumpur.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 jam dari Hatyai, Thailand, tibalah kami di Kuala Lumpur. Kami langsung check in hotel dan beristirahat sejenak. Siang hari, kami mulai menyusuri kota dan tempat-tempat bersejarah di kota ini.

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on March 1, 2014, in Travelling and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.