MCSI, Duke University, Amerika Serikat

IMG20140708073512Awal Juli-Agustus 2014, saya berkesempatan mengikuti Marine Conservation Summer Institute (MCSI) yang diadakan oleh Marine Lab, Duke University. Perjuangan untuk mendapatkan beasiswa tersebut tidaklah mudah (peserta dibiayai oleh Oak Foundation), karena sifatnya yang kompetitif yang dipilih 15 orang dari seluruh penjuru dunia (1 orang mewakili 1 negara). Alhamdulillah saya termasuk salah satunya. Jumlah peserta Institute tersebut sebanyak 32 orang, dimana peserta yang lainnya menggunakan skema beasiswa berbeda ataupun dengan biaya sendiri, juga termasuk mahasiswa dari beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Belajar seluk beluk konservasi kelautan menjadi hal baru bagiku. Butuh penyesuaian yang lumayan sulit, apalagi dengan kemampuan bahasa inggris yang tidak terlalu mumpuni.

Beasiswa tersebut saya apply pada awal Januari dan pengumuman kelulusan kalau tidak salah pada Bulan Maret. Dengan melengkapi beragam dokumen, pada bulan Mei, saya akhirnya mendapatkan DS-2009 (semacam dokumen LOA) dari Duke University untuk selanjutnya saya bawa ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta guna pengurusan visa. Akhir bulan Mei, saya akhirnya medapatkan visa setelah melalui proses pendaftaran visa secara online dan wawancara di Kantor Kedubes AS di Jakarta.

Saya berangkat ke Amerika Serikat, tepatnya Negara Bagian North Carolina pada Tgl 4 Juli dengan rute Makassar – Jakarta – Abu Dhabi – New York – North Carolina dengan lama perjalanan kurang lebih 40 jam. Sebuah perjalanan udara terpanjang yang pernah saya alami.

Bandara International Abu Dhabi

Penerbangan Abu Dhabi – New York melewati GreenLand

GreenLand dari atas pesawat

Kounter American Airlines di Bandara International John F. Kennedy (JFK) New York

Bandara International Raleigh-Durham (RDU) di North Carolina

Saya tiba di kota Raleigh (North Carolina) pada sore hari Tgl 5 Juli 2014 waktu setempat. Karena perbedaan waktu antara Makassar dan NC adalah 12 jam, maka saat itu tepatnya Tgl 6 dini hari di Makassar. Setibanya di Bandara, saya langsung menuju Shutle Bus untuk menuju hotel yang telah disiapkan oleh Marine Lab. Di hotel itulah, saya bertemu dengan 14 peserta lainnya yang berasal dari India, Sri Lanka, Cambodia, Filipina, Israel, Italy, Spanyol, Kenya, Tanzania, Peru, Kolombia, Brasil, Cuba dan Australia. Keesokan harinya, jam 10 pagi, kami di jemput oleh Professor menuju Kota Beaufort dimana Marine Lab berada. Perjalanan berkisar 4 jam dengan menggunakan bus. Kami sempat singgah makan siang di Restoran lokal selama perjalanan. Setibanya di Marine Lab, kami disambut oleh Staf Lab dan melakukan registrasi untuk mendapatkan Kartu Mahasiswa dan Kamar asrama yang akan kami gunakan selama 5 pekan ke depan. Disana pula kami bertemu dengan peserta dari negara lain (China, Pakistan, Puerto Rico, Zimbabwe) dan dari beberapa negara bagian AS seperti Virginia, Texas, dll. Mahasiswa dari negara bagian ini merupakan mahasiswa S1 dan S2 yang mengambil konsentrasi kelautan dan coastal conservation pada Duke University.

Papan Nama Marine Laboratory

Suasana Orientasi pada hari pertama.

Kartu

Kartu Mahasiswa yang sekaligus berfungsi gesek sebagai tiket makan dan mencetak bahan-bahan kuliah

Pelaksanaan orientasi dan pengenalan dilakukan bersamaan dengan kelas-kelas lainnya, dengan jumlah peserta sebanyak 62 orang. Kelas kami, Marine Conservation Summer Institute (MCSI) merupakan kelas dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Selain MCSI, kelas lain yang disajikan selama musim panas ini antara lain, Global Fisheries Conflict, General Phisics, Marine Ecology, dan Whos Buried in Beaufort. Selain itu terdapat beberapa mahasiswa yang mengambil konsentrasi Independent Research. Acara hari ini ditutup dengan Welcome BBQ.

Terkhusus untuk MCSI yang saya ikuti, schedule kuliah yang disajikan sebagai berikut:

Week 1 : Human Dimension on Marine Environment

Week 2 : Deep Sea Conservation and International Law

Week 3 : Marine Invasive Species

Week 4 : Marine Invertebrate and U.S Ocean Law

Week 5 : Syntesis and Conclusions

IMG_0002 (2)

Suasana diskusi kelompok

Class break

Selain belajar di kelas, kami juga mengadakan beberapa fieldtrip diantaranya:

Sea Turtle Hospital

Shackleford Banks

Shackleford Banks merupakan area konservasi kuda liar yang berbatasan langsung dengan Benua Antartika.

Kapal

Berfoto sebelum berangkat

Dalam perjalanan

Kuda-kuda liar pada Kawasan Shackleford Banks

Pekan kelima, kegiatan kami lebih banyak diisi dengan tugas individu maupun kelompok serta menghasilkan sebuah Story Map dan Horizon Scanning selama 4 pekan proses perkuliahan. Selain itu International Dinner dan Dinner Perpisahan menjadi rangkaian kegiatan minggu ini

.IMG_1847

Lokasi Dinner di Core Sound, Waterfowl Museum & Heritage Center

Bus yang digunakan menuju lokasi dinner

Foto Marine Lab

Foto bersama setelah penutupan

Tanggal 10 Agustus saya meninggalkan kota Raleigh menuju Makassar dengan rute yang sama ketika saya berangkat, North Carolina – New York – Abu Dhabi – Jakarta – Makassar. Saya tiba di Makassar pada Tgl 12 pagi.

Berbagai pengalaman selama perjalanan dan studi merupakan hal yang sangat berharga bagi penulis. Hal ini menjadi modal untuk mengarungi perjalanan selanjutnya. InshaaAllah.

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on November 30, 2014, in Travelling and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.