Instalasi Windows 7 pada Mac Book

Bagi pengguna awan Mac Book besutan Apple ssperti saya, membuat kompi menjadi dual boot merupakan hal menarik. Hal ini karena masih banyak program yang saya butuhkan tidak bisa berjalan pada Mac, khususnya aplikasi GIS dan pemetaan yang saat ini saya gandrungi. Maka, mulailah saya mencari cara untuk menginstal windows pada mesin Mac saya. 

Pada dasarnya, Mac telah menyediakan tools untuk instalasi dual boot pada mesinnya. Hanya saja, belum diketahui banyak orang. Dan juga, pengguna Mac di Indonesia yang masih kurang. Hal ini karena harganya yang jauh melebihi kompi kebanyakan. Karena keterbatasan dana, saya pun membeli Mac versi bekas pertengahan tahun 2014. Sekitar 6 bulan mesin Mac saya museumkan di rumah karena masih ketergantungan sama Windows, awal Februari 2015, saya akhirnya berpikir untuk menginstall Windows agar bisa  digunakan sehari-hari.

Alhasil, setelah berhasil menginstall Windows pada mesin Mac saya, akhirnya tidak dimuseumkan lagi. Malah saya jadikan sebagai kompi utama dalam pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Untuk berbagi pengetahuan, berikut saya uraikan langkah-langkahnya:

– Persiapan berupa Master Windows 7 atau yang lebih baru pada USB boot. Ada dapat membuatnya melalui Windows ataupun melalui Mac (dengan syarat anda telah memiliki file ISO Windows).

– Pastikan juga anda telah mengupdate Mac anda. Klik Apple menu –> About this mac –> System Update.

– Pada MAC anda, masuk ke Application –> Boot Camp Assistant.

– Buka Boot Camp Assistant dan anda akan mendapatkan tampilan berikut.

Klik Continue

Tahapan selanjutnya adalah membuat partisi.

Tahapan membuat partisi adalah langkah yang paling mudah, emmmm sebenarnya semuanya mudah. Karena para insinyur di Apple sudah mendesain sistem installasi Windows menjadi lebih nyaman. Silahkan tentukan ukuran partisi Windows yang Anda inginkan, mulai dari 5GB sampai setengahnya ukuran hard disk Anda.

Dalam menentukan ukuran partisi Windows, Anda harus menyesuaikannya dengan maksud awal memasang Windows di Mac. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows untuk bermain game, tentunya Anda harus memberi partisi Windows lebih banyak ruang. Tapi, kalau hanya untuk menjalankan Outlook, ukuran 10 GB sudah lebih dari cukup. Tentukan dengan bijak ukuran partisi, dan jangan buat Mac menjadi kekurangan lahan. Sisakan minimal 5 GB kosong untuk Mac.

Setelah menentukan bersarnya partisi, silahkan mulai proses partisi. Prosesnya akan memakan waktu tergantung dari besarnya ukuran partisi. Silahkan buat teh sambil menunggu proses partisi selesai.

Sekarang siapkan USB Boot Windows 7 di dekat Anda, karena setelah menekan tombol “Start Installation” Mac akan otomatis restart. Dan kemudian akan langsung boot ke USB Windows.

Pasca instalasi Windows
Ikuti proses intalasi Windows seperti biasa. Setelah proses installasi selesai, masukan USB yang telah terisi dengan Driver Windows untuk mulai memasang driver di Windows. Berupa driver kartu grafik, suara, keyboard, bluetooth, microphone, dan iSight sehingga semuanya bekerja dengan sangat baik.

Apabila anda tidak berhasil mendownload driver windows, ada bisa mendownloadnya secara terpisah pada website apple dengan link berikut

http://support.apple.com/downloads/#boot%20camp

Anda harus mengecek program driver pada website tersebut sesuai dengan tipe Mac Book anda.

Setelah itu, silahkan install untuk mendapatkan Windows yang bekerja secara normal pada mesin Mac anda.

Setelah selesai memasang driver perangkat keras Apple di Windows, sebaiknya Anda restart dahulu Windows supaya perubahan terjadi secara menyeluruh. Waktu boot-up akan langsung masuk ke Windows, karena target bootnya ke Partisi windows yang di set secara default. Untuk merubahnya kembali supaya boot ke Mac, silahkan buka Control Panel Windows, dan nyalakan program Boot Camp.

Di sini Anda bisa mengatur setingan kunci F1-F12, kecerahan layar, dan tentunya target Boot– Mau ke Mac atau ke Windows.

Setelah restart akan otomatis boot ke Mac. Tapi bagaimana apabila Anda ingin boot ke Windows lagi. Untuk itu, tekan dan tahan tombol Option setelah Mac menyala. Anda akan disuguhkan kepada pilihan Mac atau Windows. Bagi yang menggunakan Apple Keyboard Alumunium, tombol Option sudah di matikan oleh Apple, tidak bisa memilih lagi target Boot. Hal ini bisa diganti menggunakan Apple remote, dengan menekan dan tahan tombol menu.
image

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on February 25, 2015, in Internet and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: