BIG luncurkan layanan portal Geospasial

BIGBadan Informasi Geospasial (BIG), dulunya dikenal Bakosurtanal, kini telah meluncurkan portal geospasial dengan alamat http://tanahair.indonesia.go.id. Portal ini diluncurkan sekitar 2 tahun silam, namun masih banyak masyarakat geospasial yang belum mengetahuinya.
Portal ini diharapkan menjadi wadah informasi bagi masyarakat luas yang membutuhkan informasi spasial dalam lingkup nasional. Peta dasar yang digunakan, yakni peta Rupa Bumi Indonesia. Disamping itu, beberapa kementerian yang memiliki data spasial juga telah memasukkan datanya sehingga sudah bisa diakses pada portal tersebut. Ini kemajuan luar biasa dalam dunia spasial Indonesia. Kepala BIG, Priyadi Kardono, M.Sc., Ph.D, dalam kuliah umum di Universitas Hasanuddin, 27 Februari 2015, menyatakan bahwa sistem terintegrasi seperti ini merupakan yang pertama di dunia. Ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh BIG setelah terbitnya Undang Undang Geospasial tahun 2011 silam.

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on March 1, 2015, in G I S. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: