Mengenal ENVI 5.0

ENVIENVI merupakan pruduk Exelis (http://exelisvis.com), sebuah perusahaan software yang berpusat di Virginia, Amerika Serikat. Aplikasi yang kini memasuki versi 5.2 ini merupakan salah satu pilihan untuk analisis data penginderaan jauh (remote sensing). Hal ini karena kemampuannya dalam mengolah beberapa tipe citra yang berasal dari citra satelit asli, ataupun dari hasil olahan pengolah cotra lainnya seperti ERDAS atau ER Mapper, dua software RS lainnya yang juga tidak kalah menarik. ENVI juga dapat mengolah citra yag berasal dari format generik seperti JPG, TIFF dan lain lain.

Dibandingkan versi 4.x, mulai versi 5.0, interface aplikasi ini sudah lebih baik. Apabila anda sering menggunakan ArcGIS sebagai aplikasi GIS, maka ENVI kini mirip dengan tampilan ArcGIS. Dengan kata lain, semakin mudah untuk digunakan. Menurut pantauan penulis, perubahan besar-besaran memang terjadi pada tampilan, akan tetapi fitur-fitur yang disediakan sama saja dengan versi sebelumnya.

Apabila anda pengguna ENVI versi lama dan merasa lebih nyaman bekerja pada versi tersebut, ENVI 5.0 tetap menyediakan interfacenya, ENVI Classic. Tentunya dengan sumberdaya komputasi yang minimum, ENVI Classic lebih cocok menjadi pilihan.

ENVI Tampilan baru

ENVI

ENVI Classic

ENVI Classic

About imantux

Menekuni GIS dan Remote Sensing. Menyelesaikan S1 dan S2 pada Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Tinggal di Makassar. Hobby Travelling dan Membaca. Bisa korespondensi via email imantuxm@gmail.com

Posted on March 2, 2015, in G I S. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: